Penyaluran Pembiayaan Perbankan Syariah Jatim Tumbuh Sebesar 12,44 Persen
EkonomiNewsHot

Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Jawa 2024. (Tangkap layar laman resmi Bank Indonesia)

Jakarta, tvrijakartanews - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyampaikan penyaluran pembiayaan perbankan syariah di Jawa Timur juga tercatat tinggi, yakni tumbuh sebesar 12,44 persen (yoy) pada Juli 2024, lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kredit umum di Jawa Timur yang sebesar 4,74 persen (yoy).

"Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersinergi dengan berbagai stakeholder terus mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Jawa Timur di berbagai bidang," kata Pj Gubernur Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono di Jawa Timur, Sabtu (14/9/2024).

Adhy mengatakan pemberdayaan ekonomi pesantren dan UMKM, khususnya di bidang makanan-minuman, akomodasi, dan fashion, merupakan salah satu hal utama yang menjadi perhatian.

"Kami juga mendorong muslim friendly tourism dan memperkuat kualitas destinasi wisata Wali Songo," tuturnya.

Menurutnya, upaya-upaya tersebut mengantarkan Jawa Timur mendapatkan penghargaan Universitas Brawijaya (UB) Halal Award kategori Pemerintah Daerah Produk Halal pada Brawijaya Halal Summit 2024 serta 8 penghargaan dari 10 kategori dalam Anugerah Adinata Syariah 2024.

Sebagai informasi, Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Jawa 2024 merupakan bagian dari rangkaian acara menuju Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-11 yang akan diselenggarakan pada 30 Oktober sampai 3 November 2024 di Jakarta.

Kegiatan Fesyar Jawa 2024 meliputi Sharia Economic Forum Seminar and Talkshow yang mengulas topik-topik hangat seputar eksyar seperti pengembangan ekosistem produk halal, pemberdayaan UMKM syariah, dan optimalisasi dana Ziswaf di era digital.

Acara itu juga diintegrasikan dengan Sharia Fair yang menampilkan UMKM syariah unggulan, business matching, dan lomba menarik yang berlokasi di pelataran Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya.