Menkumham Sebut Persoalan Internal Kadin Telah Diselesaikan Lewat Munaslub
EkonomiNewsHot

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid. (Humas Kadin)

Jakarta, tvrijakartanews - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Supratman Andi Agtas megatakan persoalan masalah internal Kadin sudah diselesaikan melalui Munaslub.

"Kalau kami di pemerintah ya, ini kan urusan internal Kadin sebenarnya. Dan sudah diselesaikan lewat dengan keputusan Munaslub yang ada," kata Supratman di Menara Kadin Jakarta, Minggu (15/9/2024).

Supratman menambahkan pihaknya akan mengikuti aturan yang terdapat di Kadin. Untuk itu, penyelenggaraan Munaslub dengan hasil ditetapkannya Anindya sebagai Ketua Umum merupakan kehendak mayoritas pengurus daerah.

"Intinya pemerintah pada prinsipnya sekali lagi, kami ikut sesuai dengan aturan dan ini menjadi kehendak bagi seluruh mayoritas pengurus Kadin daerah, provinsi. Dan pemerintah dalam hal ini sendiri tentu akan ikut dengan keputusan yang dihasilkan oleh teman-teman di Kadin," tuturnya.

Menurtu Supratman, nantinya pengurus Kadin akan ditetapkan Keputusan Presiden.

"Ya, pasti, aturannya seperti itu. Namun nantikan semua keputusan presiden, pasti nanti akan melewati proses harmonisasi di Kementerian Hukum dan HAM," ujarnya.

Sebagai informasi, Kursi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia tengah jadi rebutan. Hal ini menyusul ditetapkannya Anindya Bakrie sebagai Ketua Umum Kadin melalui Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub).

Di sisi lain, Arsjad Rasjid yang merupakan Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2021-2026 menilai, pengangkatan Anindya Bakrie melalui Munaslub merupakan tindakan ilegal.