Luhut Nilai Jabar Miliki Potensi sebagai Destinasi Utama Didukung Investasi Teknologi
EkonomiNewsHotAdvertisement

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (Tangkap layar laman resmi Kemenko Marves)

Jakarta, tvrijakartanews - Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) menilai wilayah Jawa Barat memiliki peluang besar menjadi destinasi utama. Hal ini didukung oleh investasi bidang teknologi terkini dan tinggi.

"Jawa Barat berpotensi untuk menjadi hub investasi teknologi tinggi di Indonesia, mengingat didukung oleh lokasi yang strategis, (upah) kompetitif dan tenaga kerja yang mudah beradaptasi," kata Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melalui rekaman video di West Java Investment Summit (WJIS) 2024 di Gatot Subroto, Bandung, Kamis (19/9/2024).

Luhut mengatakan Jawa Barat memiliki keunggulan yang disebutkannya, ditambah kelebihan lainnya terutama infrastruktur dukungan pemerintah yakni Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan yang tersambung jaringan Tol Trans Jawa.

Selan itu, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, dan Pelabuhan Patimban, juga menjadikan Jabar sebagai destinasi investor global termasuk di sektor teknologi.

"Jawa Barat menjadi kunci investasi sektor otomotif termasuk kendaraan listrik seperti Hyundai, Wuiling di Karawang, kemudian BYD tengah membangun pabrik di Patimban, Subang. Artinya Jawa Barat tengah mengembangkan peran untuk keberlangsungan industri berteknologi tinggi," ujarnya.

Menurut Luhut, dalam situasi ekonomi global yang penuh tantangan ini, Jawa Barat bisa menjadi lokasi utama yang dipilih utamanya oleh investor asing.

"Saya mengajak seluruh pihak terutama investor, pelaku usaha, untuk bersama-sama pemerintah menggerakkan ekonomi Jawa Barat," tuturnya.

Sebelumnya, Atas gelaran WJIS 2024 yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan KPw Bank Indonesia Jawa Barat, Luhut memberikan apresiasinya, karena hal ini adalah inisiatif yang baik untuk menarik investor agar berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Jawa Barat

Dari data yang diperoleh WJIS 2024 menjadi ajang presentasi berbagai proyek strategis yang siap untuk didanai oleh para investor.