Menko Pangan Targetkan 600 hingga 2 Juta Lahan Untuk Produksi Pangan di Papua
EkonomiNewsHot
Redaktur: Crypto Hermawan

Menteri Koordinator Bidang Pangan Zukifli Hasan ditemui usai serah terima Jabatan di Kantor Kemendag, Jakarta. (Tvrijakartanews/ John Abimayu)

Jakarta, tvrijakartanews - Menteri Koordinator Bidang Pangan Zulkifli Hasan menargetkan sebanyak 600 lahan perkebunan tebu hingga 2 juta pertanian padi dan jagung dapat diproduksi di Papua.

"Masa depan Indonesia itu ada di Papua, sekarang sudah dilakukan secara serius mudah-mudahan 5 tahun ke depan kita bisa ke pertanian sawah 2 juta, perkebunan tebu 600 sampai 1 juta," kata pria kerap disapa Zulhas ditemui di Kantor Kemendag, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Zulhas menilai bahwa lahan pertanian di Pulau Jawa sudah mulai berkurang dan untuk hidup sudah tidak layak. Hal ini diakibatkan tingkat polusi udara sangat tinggi.

"Pulau Jawa itulah lahan pertanian berkurang terus, bahkan Pulau Jawa untuk hidup saja sudah tidak layak. Apalagi kalau olahraga pagi itu bisa kena ISPA karena 150 sampai 200," ucapnya.

Zulhas menambahkan masa depan Indonesia pada sektor pertanian kita ada di sana pertanian padi itu jagung ada di Papua.

"Kami beraharap lahan di Papua dapat memenuhi swasembada pangan di tahun mendatang. Saya Doanya semoga ini bisa sukses," pungkasnya.

Sebagai informasi, Kemenko Pangan merupakan kementerian koordinator baru yang lahir di era pemerintahan Prabowo-Gibran.

Diketahui, dirinya telah dilantik menjadi Menko Pangan dalam Kabinet Merah Putih pagi tadi. Zulhas menjelaskan terkait instansi mana saja yang terkoordinasi dengan Kementrian Koordinator Bidang Pangan.