Pekan Olahraga Nasional XXI Aceh-Sumut 2024 Resmi Dimulai
OlahragaNewsHot

Foto : Tangkapan layar kanal Youtube Sekretariat Presiden/ Presiden Joko Widodo membuka gelaran PON XII Aceh-Sumut, Senin (9/9/2024).

Tangerang, tvrijakartanews - Presiden Joko Widodo secara resmi membuka gelaran Pekan Olahraga Nasional XXI yang pada tahun ini digelar di dua provinsi, yaitu Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Utara. Acara pembukaan ini sendiri berlangsung meriah di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin (9/9/2024).

Dalam sambutannya, Presiden menyatakan bahwa gelaran PON ini menjadi ajang pencarian bibit unggul di bidang olahraga, yang mampu menorehkan prestasi di kancah internasional.

"PON ini adalah ajang untuk melahirkan lebih banyak atlet terbaik bangsa, melahirkan lebih banyak pemecah rekor dunia, melahirkan lebih banyak calon peraih medali emas, di Asean Games, SEA Games, bahkan Olimpiade," ujar Presiden.

Kemudian, Presiden juga menyatakan agar PON juga dijadikan kesempatan untuk mempererat persatuan bangsa. Terlebih lagi, ajang ini mempertemukan ratusan atlet dari 38 provinsi di Indonesia, yang pasti memiliki budaya yang berbeda-beda.

"Tapi yang tidak kalah penting, PON ini juga ajang kita untuk semakin mempererat persatuan kita, semakin meperkokoh tali persaudaraan kota sebagai sebuah bangsa. Oleh sebab itu saya titip betul pegang teguh sportifitas dan fairplay," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Komitee Olahraga Nasional Indonesia Pusat, Marciano Norman mengatakan bahwa PON XII tahun 2024 mempertandingkan 65 cabang olahraga, dengan 87 disiplin cabang olahraga. Seluruh venue pertandingan memiliki standar nasional, dan tersebar di dua provinsi.

"Beberapa pertandingan dimulai 28 Agustus untuk beberapa cabor dengan mempertimbangkan lamanya waktu pertandingan dan pemenafaatan venue untuk 2 cabor olah raga," ujarnya.

Acara pembukaan PON XII tahun 2024 ini juga dimeriahkan oleh penampilan tari kolosal, serta menampilkan atlet-atlet legendaris asal Aceh sebagai pembawa bendera PON maupun pembawa obor PON.