Tiga Atlet Legendaris Jadi Pembawa Obor PON XII Aceh-Sumatera Utara 2024
OlahragaHot

Foto : Tangkapan layar kanal Youtube Sekretariat Presiden/ Alkindi, salah satu pembawa obor di Pembukaan PON XII Aceh-Sumatera Utara adalah atlet anggar legendaris.

Tangerang, tvrijakartanews - Obor api Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI dibawa oleh tiga atlet legendaris asal Aceh. Ketiganya secara estafet membawa obor itu hingga ke tangan Nurul Akmal yang menjadi penyulut api kaldron utama dalam pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin (9/9/2024) malam.

Adapun pembawa obor pertama adalah Alkindi, atlet asal Aceh pertama yang tampil dalam Olimpiade. Dia mewakili Indonesia dalam Olimpiade Seoul 1988, melalui cabor anggar. Kemudian obor diteruskan kepada Erna Susana Madjaji, atlet anggar peraih Emas Sea Games Chiangmai 1995. Obor PON lantas diseragkan kepada Tati Ratna Nengsih, atlet lempar lembing peraih medali emas di Sea Games Singapura 1993.

"Yang menyulut api ke kaldron utama adalah atlet angkat besi asal Aceh Utara, Nurul Akmal. Amel, sapaan akrabnya, baru-baru ini mengikuti Olimpiade Paris 2024," ujar Anggota tim pelaksana Pembukaan PON XXI Aceh Muhammad Riza.

Obor api PON XXI ini sudah tiba di Pendopo Gubernur Aceh sejak Sabtu, 7 September 2024. Sumber api obor PON XXI Aceh-Sumut tersebut diambil dari Gunung Merapi Jaboi, Sabang dan telah melewati 18 daerah.

Sementara itu, Ketua Komitee Olahraga Nasional Indonesia Pusat, Marciano Norman mengatakan bahwa PON XII tahun 2024 mempertandingkan 65 cabang olahraga, dengan 87 disiplin cabang olahraga yang diikuti tak kurang dari 13 ribu atlet. Seluruh venue pertandingan memiliki standar nasional, dan tersebar di dua provinsi.

"Beberapa pertandingan dimulai 28 agustus untuk beberapa cabor dengan mempertimbangkan lamanya waktu pertandingan dan pemenafaatan venue untuk 2 cabor olah raga," ujarnya.

Empat daerah otonomi baru (DOB) yakni Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Selatan melakoni debut mereka di PON, yang juga turut diikuti kontingen Ibu Kota Nusantara (IKN).

Acara pembukaan PON XII tahun 2024 ini juga dimeriahkan oleh penampilan tari kolosal, serta menampilkan atlet-atlet legendaris asal Aceh sebagai pembawa bendera PON maupun pembawa obor PON.