Podcast Hunt 2024 Dibuka, Inisiatif Baru untuk Regenerasi Kreator Video Podcast di Indonesia
FeatureNewsHot

Press conference Podcast Hunt di IDN HQ / foto : Sanrifa Akmalia

Jakarta, tvrijakartanews - Ajang pencarian bakat baru kreator video podcast, Podcast Hunt 2024, resmi dibuka mulai hari ini. Kompetisi ini diinisiasi oleh Podcast Ancur, kreator podcast kategori komedi yang digawangi oleh Randhika Jamil, Patra Gumala, dan Diaz Danar. Melalui ajang ini, Podcast Ancur berharap bisa melahirkan lebih banyak kreator video podcast baru yang dapat terus menghidupkan industri podcast di Indonesia.

Minat publik terhadap podcast terus menunjukkan peningkatan yang signifikan. Dalam lima tahun terakhir, konsumsi podcast dalam format video tercatat enam kali lebih banyak dibandingkan format audio. Data ini mengindikasikan bahwa industri podcast memiliki potensi besar untuk berkembang lebih jauh dan memerlukan lebih banyak ruang serta kesempatan bagi kreator baru.

“Kami merasa kebutuhan untuk regenerasi kreator podcast harus segera dilakukan, Podcast Ancur bisa terus ada hingga hari ini salah satunya karena keberadaan kawan-kawan podcast lainnya yang tumbuh bersama. Melihat minat publik yang semakin besar, Podcast Hunt adalah inisiatif kami untuk memberikan wadah bagi kelahiran para podcaster baru, khususnya video podcast." ujar Patra Gumala, salah satu personil Podcast Ancur, pada Kamis (5/9/24).

Inisiatif Podcast Hunt 2024 ini mendapatkan sambutan positif dari berbagai pihak, termasuk dari Spotify, platform streaming audio terbesar di dunia.

"Kami begitu antusias melihat lebih banyak kreator baru muncul dari Podcast Hunt 2024 mendatang. Inisiatif ini merupakan bukti kreativitas dan semangat luar biasa dalam komunitas podcasting Indonesia," tutur Carl Zuzarte, Head of Podcast, Spotify Southeast Asia, pada pernyataannya, Kamis (5/9/24).

"Di Spotify, kami berkomitmen untuk memberdayakan kreator lokal, dan menyediakan platform serta perangkat yang mereka butuhkan untuk berbagi cerita mereka. Kami sangat menantikan generasi baru dalam dunia podcasting yang akan ditemukan melalui kegiatan ini." tambahnya.

Podcast Hunt 2024 menjadi langkah konkret untuk mendukung pertumbuhan industri podcast di Indonesia, terutama dalam format video yang kian diminati. Dengan inisiatif ini, Podcast Ancur dan Spotify berharap bisa menghadirkan lebih banyak talenta baru yang akan memberikan warna baru di dunia podcasting Tanah Air.