5 Cara Terbaik Untuk Meredakan Gejala Alergi Menurut Pakar Kesehatan
HotTekno & SainsFeature

Foto: Seseorang dengan alergi (© YURII MASLAK - stock.adobe.com)

Jakarta, tvrijakartanews - Beberapa orang mengalami alergi terhadap makanan, udara, bahkan pergantian musim. Untuk menyembuhkannya, mereka cenderung meminum obat-obatan dari apotek. Melansir dari Study Finds (26/03), berikut 5 daftar cara terbaik meredakan gejala alergi yang dirangkum dari saran 10 ahli. Daftar ini berdasarkan pengobatan yang paling direkomendasikan.

5 Cara Terbaik Meredakan Gejala Alergi:

1. Irigasi Hidung Saline

Dokter merekomendasikan agar iritasi yang disebabkan oleh serbuk sari dan debu untuk dibilas. Ini menghilangkan iritasi yang membuat terisak dan bersin. Selain itu, ia dapat menghilangkan bakteri yang tersisa yang mungkin memperburuk keadaan ( Getwell Urgent Care ). Penelitian juga mendukung hal ini. Pembilasan sinus bekerja sangat baik bersamaan dengan obat alergi biasa dan ada alat yang mudah digunakan seperti neti pot untuk membuatnya mudah. Caranya: campurkan air hangat dan garam untuk membuat larutan air asin. Kemudian, cukup tuangkan larutan melalui hidung untuk menghilangkan semua kotoran alergi dan kembali bernapas dengan mudah.

2. Membersihkan Debu dan Menyedot Debu

Menyedot debu secara teratur adalah suatu keharusan, namun berhati-hatilah, penyedot debu yang murah justru dapat memuntahkan kembali debu ke udara, sehingga memperburuk keadaan. Carilah penyedot debu dengan sertifikasi CERTIFIED asma & ramah alergi®. Ini dirancang khusus untuk menjebak kelinci debu, bukan mengirimnya ke udara. Pembersih berbahan kimia yang keras dapat semakin mengiritasi alergi. Sebagai gantinya, siapkan beberapa larutan pembersih alami menggunakan bahan-bahan sehari-hari seperti cuka atau soda kue seperti yang disarankan Web MD .

3. Hindari Eksposur Tinggi

Menghindari pemicu alergi seperti bermain pertahanan melawan pilek! Berikut cara mengakalinya: Sinar matahari dan udara segar memang bagus, namun tidak jika serbuk sari menyerang. UC Davis Health menyarankan untuk tidak memotong rumput sendiri pada hari-hari dengan serbuk sari tinggi dan menghindari tumpukan daun yang menggoda yang dapat menampung jamur. Bahan kimia yang kuat dan polusi juga merupakan penyebab alergi.Berikut beberapa tip tambahan dari Mayo Clinic untuk mengakali alergen luar ruangan: Tetaplah berada di dalam rumah pada hari-hari kering dan berangin ketika serbuk sari lebih mungkin beterbangan. Pekerjaan seperti memotong rumput dan mencabut rumput liar dapat menimbulkan masalah, jadi delegasikan tugas tersebut jika memungkinkan. Jika memang harus berani beraktivitas di luar ruangan, mandi dan ganti pakaian setelahnya untuk membilas serbuk sari dari kulit dan rambut. Hindari juga menjemur cucian di luar, serbuk sari dapat menempel di seprai seperti bukan urusan siapa pun! Dan untuk pertahanan terbaik, pertimbangkan untuk memakai masker saat melakukan pekerjaan di luar ruangan.

4. Mandi dan Mencuci

Mandi sebelum tidur bisa menjadi sebuah terobosan. Kat Norton Healthcare , mencuci serbuk sari di siang hari akan mencegahnya menimbulkan kerusakan saat tidur, dan uap dari pancuran air panas bahkan dapat membantu meredakan hidung tersumbat . Getwell Urgent Care mengambil langkah lebih jauh dengan merekomendasikan “zona dekontaminasi serbuk sari” sepenuhnya saat tiba di rumah. Lepaskan sepatu dan lapisan luar di luar sebelum melangkah melewati pintu. Kemudian langsung mandi untuk mencuci kulit dan rambut hingga bersih. Segera masukkan pakaian tersebut ke dalam mesin cuci – serbuk sari tidak akan mengganggu siklus pencucian yang baik

5. Bersihkan Bantal dan Tempat Tidur

Cedars Sinai mengungkapkan fakta yang tidak terlalu menyenangkan bahwa tungau debu menyukai bantal dan kasur. HealthPartners mengatakan mencuci seprai , selimut, dan sarung bantal dengan air panas atau hangat setiap satu hingga dua minggu adalah langkah awal yang baik. Namun untuk pertahanan terbaik, pertimbangkan untuk berinvestasi pada penutup debu sarung bantal yang bisa dicuci. Ini bertindak seperti perisai, menjauhkan tungau debu dari tempat tidur Anda . Asthma and Allergy Foundation of America merekomendasikan untuk membungkus bantal, kasur, dan bahkan pegas kotak dengan penutup berritsleting dan tahan alergen. Ini seperti medan kekuatan melawan tungau debu, jauh lebih efektif daripada pembersih udara dalam mengurangi gejala alergi.