Jaring Bibit Muda, ISSC Gelar Pertandingan Silat
OlahragaNewsHot

Ajang petarung pencak silat di kejuaraan ISSC

Jakarta, tvrijakartanews - Petarung pencak silat menunjukkan aksinya digelar di Indonesia Student Sports Championship (ISSC) yang diselenggarakan di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (2/3/2024). Acara ini bertujuan untuk mencari bibit muda dalam ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas).

"Kita ingin dengan banyaknya kejuaraan, atau dengan event ini kita bisa menjembatani pesilat muda yang butuh jam terbang untuk bertanding. Karena semakin sering mereka bertanding semakin lihai mereka untuk berpencak silat," kata Ketua Panitia ISSC Nuryanto Ketua Panitia kepada wartawan. Minggu (3/3/2024).

Nuryanto mengatakan sertifikat dari kejuaraan ISSC bisa digunakan sebagai salah satu nilai plus bagi peserta untuk melamar ke sekolah dan kampus melalui jalur prestasi.oleh sebab itu ,ISSC merupakan terobosan baru agar minat para peserta tersalurkan dengan baik.

"Memang sudah ada regulasinya, jenisnya prestasi sertifikatnya bisa digunakan untuk masuk ke dunia pendidikan lebih tinggi melalui jalur prestasi," tutur Nuryanto.

Menurutnya, pihaknya merasa takjub dengan antusiasme para peserta yang ikut berpartisipasi, karena para peserta yang hadir tidak hanya dari wilayah Jabodetabek, namun dari luar pulau Jawa.

"Peserta itu kita gak nyangka ya, karena ada yang datang dari Papua, Purwokerto, Lampung, Jabodetabek sih pasti hadir. Makanya gak heran kalau event ini memang digelar setingkat nasional," jelas Nuryanto.

Sementara itu, Fattah (10) peserta dari Perguruan Panca Sukma Siliwangi Indonesia, mengatakan merasa senang dengan adanya kejuaraan ISSC. Selain itu, Ia menuturkan sudah enam kali mengikuti event serupa pada kelas bertarung. 

"Saya sudah enam tahun berlatih pencak silat dan ini yang ke-6 ikut pertandingan. Semuanya kelas fighting. Tapi kali ini saya ikut pemasalan dan juara 1. Semoga menang lagi dan juara umum. Soalnya dapat piala,"ujar Siswa Sekolah di MI daarul Ikhwan itu," tuturnya.

Gelaran ISSC juga diapresiasi oleh Teddy Suratmadji, selaku Sekertaris Jendral Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI). Ia mengatakan event ini merupakan event yang sangat penting untuk menghasilkan atlet berprestasi.