Menelusuri Kekayaan Budaya di Galeri ASEAN
ASEANNewsHot

Bendera-bendera negara ASEAN / foto : Sanrifa Akmalia pada Selasa (30/7/24).

Jakarta, tvrijakartanews - Galeri ASEAN, yang dibuka pada 8 Agustus 2001, menjadi saksi perjalanan panjang dan kekayaan budaya Asia Tenggara. Galeri ini tidak hanya memamerkan seni rupa tetapi juga memiliki misi penting untuk meningkatkan kesadaran akan cita-cita universal dan realitas yang dihadapi masyarakat global.

Pengunjung Galeri ASEAN akan disuguhi berbagai karya seni yang mengagumkan. Dari berbagai seni lukisan, pahatan, dan ukiran, semuanya dipajang dengan rapi. Galeri ini tidak hanya menampilkan karya dari Asia Tenggara, tetapi juga karya bersejarah dari seluruh dunia, menunjukkan luasnya jangkauan budaya yang disebarkan oleh ASEAN.

Galeri ini terbagi menjadi tiga bagian utama yang masing-masing menawarkan daya tarik berbeda. Area Keketuaan ASEAN menampilkan kontribusi dan karya seni dari negara yang memegang posisi ketua ASEAN saat itu. Di sini, pengunjung dapat melihat perspektif unik setiap negara anggota terhadap seni dan budaya.

Bagian Kesenian ASEAN menjadi tempat di mana seni dari negara-negara anggota ASEAN dipamerkan. Lukisan, patung, dan berbagai bentuk seni lainnya memberikan gambaran tentang keanekaragaman budaya dan kreativitas di kawasan ini. Pengunjung bisa menikmati keindahan seni yang mencerminkan nilai-nilai dan tradisi lokal.

Bagian Karya seni mitra wicara ASEAN menampilkan kontribusi dari negara-negara mitra wicara ASEAN. Di sini, pengunjung bisa melihat bagaimana hubungan diplomatik dan kerja sama internasional tercermin dalam seni.

Benda-benda yang dipamerkan adalah pemberian dari para pemimpin negara, pejabat pemerintah, dan individu dari negara-negara anggota ASEAN dan Mitra Wicara kepada Sekretariat ASEAN. Koleksi ini memiliki nilai seni dan sejarah yang tinggi.

Keberadaan Galeri ASEAN sangat penting bukan hanya sebagai tempat penyimpanan karya seni, tetapi juga sebagai sarana edukasi dan promosi budaya. Melalui pameran dan program yang diselenggarakan, galeri ini berperan dalam memperkuat hubungan antarnegara anggota ASEAN serta mempromosikan kerja sama dan pemahaman antarbangsa.

Galeri ini adalah bukti nyata dari kekayaan budaya dan seni yang dimiliki oleh ASEAN dan mitranya, serta komitmen mereka untuk mempromosikan perdamaian dan pemahaman melalui seni. Setiap sudutnya bercerita, setiap karya seninya menginspirasi, dan setiap koleksinya menyatukan beragam budaya dalam harmoni yang indah.