Perayaan HUT ASEAN ke-57: Merayakan Kebersamaan di Tengah Tantangan Global
ASEANNewsHotAdvertisement

HUT ASEAN ke-57 di Asean Secretariat Jakarta / foto : Sanrifa Akmalia

Jakarta, tvrijakartanews - Pada 8 Agustus 2024, ASEAN merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 di Asean Secretariat Jakarta dengan penuh semarak dan harapan. Peringatan ini tidak hanya menjadi momen refleksi terhadap perjalanan ASEAN sejak didirikan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand, tetapi juga menandai komitmen ASEAN untuk terus berperan dalam menjaga stabilitas dan kemajuan di kawasan Asia Tenggara.

Mengusung tema “Connected & Resilient Community” perayaan tahun ini menekankan pentingnya kolaborasi dan ketahanan komunitas ASEAN dalam menghadapi tantangan global. Tema ini juga menyoroti visi ASEAN dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan, transformasi digital, serta penguatan ekonomi yang tangguh dan inklusif.Acara HUT ASEAN ini juga turut dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi serta Sekretaris Jenderal ASEAN, Kao Kim Hourn yang memberi sambutan.

Peringatan HUT ASEAN ke-57 ini dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan budaya yang mencerminkan keragaman dan kekayaan budaya di kawasan Asia Tenggara. Sejumlah musisi dan penampilan dari negara anggota ASEAN tampil memukau dalam acara ini, seperti Amora Lemos, Svadara Indonesia, Band LSPR Institute of Communications & Business, serta Penampilan "Voice The Angel" dari Sekolah HighScope Indonesia TB Simatupang.

Acara juga semakin meriah dengan penampilan tarian rakyat Laos dan tarian Enggrang dari Kalimantan Timur, yang memperlihatkan kekayaan budaya masing-masing negara. Selain itu, acara ini menampilkan pembukaan kolaborasi batik dari ASEAN, yang menjadi simbol persatuan dalam keragaman.

Setelah rangkaian pertunjukan yang memukau, acara resmi dilanjutkan dengan pembukaan open house Hari ASEAN ke-57 di Gedung Warisan ASEC. Open house ini menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk lebih mengenal berbagai program dan kegiatan yang dijalankan oleh pusat dan entitas ASEAN, serta mitra lainnya. Berbagai stan dan pameran yang ada memberikan informasi mendalam mengenai inisiatif ASEAN dalam berbagai bidang, mulai dari pendidikan, ekonomi, budaya, hingga sosial.

Melalui perayaan HUT ASEAN ke-57 ini, semangat kebersamaan dan solidaritas ASEAN terus diperkuat. Dengan tekad untuk saling mendukung, negara-negara anggota ASEAN siap menghadapi berbagai tantangan dan mewujudkan masa depan yang lebih cerah dan harmonis bagi seluruh masyarakat di Asia Tenggara.