Watanabe Nilai Ekonomi Negara Asia Tumbuh Pesat dengan Optimalkan Teknologi
ASEANEkonomiNewsHot

Asia Zero Emission Community (AZEC) Advocacy Group Roundtable. (Tvrijakartanews/ John Abimanyu)

Jakarta, tvrijakartanews - President Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA) Prof. Tatsuya Watanabe, menilai pertumbuhan ekonomi di Asia sangat pesat. Tidak hanya di Indonesia, tapi negara Asia memiliki tujuan yang sama untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang optimal.

"Satu hal yang kami bahas secara meluas adalah bagaimana teknologi bisa dimanfaatkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di tahun mendatang," kata Watanabe ditemui di Jakarta, Selasa (20/8/2024).

Watanabe menuturkan saat ini di negara-negara di Asia memiliki tujuan bersama untuk mencapai pertumbuhan ekonomi optimal dengan tetap memperhatikan kebutuhan spesifik setiap negara.

"Salah satu fokus utama kami adalah bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan untuk mendukung transmisi menuju ekonomi berkelanjutan," ucapnya.

Menurutnya, saat ini Indonesia masih juga memperhatikan upaya untuk transisi energi ke arah pertumbuhan ekonomi yang lebih berkelanjutan.

"Kami membahas sejumlah opsi teknologi yang bisa digunakan seperti bahan bakar yang terbarukan, energi terbarukan, teknologi combustion, amonia, dan lain sebagainya untuk menjadi solusi dalam upaya kita ke depannya," ujarnya.

Selain itu, Watanabe menuturkan ada dua prinsip yang harus dimiliki yakni growth, pertumbuhan ekonomi, dan greed yang keberlanjutan dan faktor bagaimana ini semua bisa ramah terhadap lingkungan.

"Intinya adalah negara-negara di Asia punya tujuan bersama dan kami ingin saling mendukung. Selanjutnya proyek yang kami bahas hari ini tidak hanya proyek di Indonesia, tetapi di Asia kita juga punya sejumlah proyek Kerjasama antar negara di Asia," pungkasnya.