Ajang Talenta Baru di Dunia Musik, Desain, dan Seni di M Bloc Fest 2024
FeatureNewsHot

Press Conference M Bloc Fest di Jakarta Selatan / foto : Sanrifa Akmalia

Jakarta, tvrijakartanews - Evoria M Bloc Fest kembali hadir sebagai festival tahunan yang menampilkan bakat-bakat kreatif baru. Festival ini berlangsung selama sepuluh hari, dipersembahkan oleh M Bloc Entertainment bersama co-creator Evoria #ExplorAja. Acara ini menjadi wadah bagi subkultur musik, seni, desain, film, dan fashion dalam satu area. Dengan tujuan menemukan dan mendukung talenta baru serta karya-karya yang diprediksi akan menjadi besar di masa depan, festival ini juga sekaligus merayakan ulang tahun kelima M Bloc Space pada 26 September sebagai ruang kreatif publik dan tempat berkumpulnya komunitas di Jakarta.

Evoria M Bloc Fest 2024 akan berlangsung dari 27 September hingga 6 Oktober di M Bloc Space, Jakarta Selatan. Acara ini mencakup berbagai kegiatan, pertunjukan, dan pameran yang menampilkan talenta-talenta baru hingga yang sudah terkenal. Beberapa program yang ditawarkan termasuk M Bloc Design Week (MBDW) dari 27 September hingga 6 Oktober 2024, M Bloc Music Festival (27-29 September 2024), serta XShort, XFashion, dan XOpenLab yang juga diadakan pada 27-29 September 2024. Ada enam lokasi utama untuk penyelenggaraan acara ini, yaitu M Bloc Live House, Creative Hall, Mini Gallery, Bloc Bar, LRS Stage, dan M Bloc Market.

Proses kurasi dan pencarian talenta baru untuk M Bloc Fest tahun ini sudah dimulai sejak awal tahun, melalui ajang Evoria Festival 2024 yang digelar pada 26 Mei hingga 2 Juni lalu di M Bloc Space. Selain pertunjukan musik dan fashion, ada juga program inkubasi di bidang musik, film, fashion, seni, dan desain dalam format lokakarya, temuwicara, hingga konsultasi karya dengan para profesional. Tercatat, sebanyak 907 musisi/band dari berbagai kota di Indonesia ikut serta dalam seleksi yang mencakup berbagai pertunjukan musik, fashion, serta lokakarya seni dan desain.

Memasuki tahun ketiganya, Evoria M Bloc Fest semakin memperkuat posisinya sebagai festival kreatif nasional yang terbuka bagi talenta-talenta baru dari berbagai bidang. "Komitmen utama kami adalah selalu menemukan bakat-bakat baru yang tengah berkembang, membantu memperkenalkan karya-karya terobosan mereka kepada media, profesional, hingga audiens yang lebih luas via Evoria M Bloc Fest. Semoga dalam waktu tidak terlalu lama festival ini bisa menjadi mata rantai pasokan talenta dan karya bagi berbagai festival besar di tanah air, a festival for the next big things," jelas Wendi Putranto, co-founder dan Program Director M Bloc Fest, pada Kamis (19/9/24).

Edric Chandra, Program Initiator Evoria Movement, juga menekankan pentingnya mendukung ekosistem kreatif di Indonesia. Ia menambahkan bahwa festival ini juga memberi ruang interaksi antara pelaku industri kreatif, audiens, dan stakeholder yang lebih luas.

"Kami yakin kehadiran Evoria M Bloc Fest 2024 dapat memperkuat jejak kreativitas anak bangsa dalam mengeksplorasi karya yang hadir dalam sebuah format festival keren di Indonesia," ujar Edric.

Salah satu acara utama adalah Evoria M Bloc Music Festival (MBMF) yang akan diadakan pada 27-29 September. Festival ini menampilkan musisi pendatang baru yang diprediksi akan menjadi besar di masa depan, seperti Axel Gulla, KRLY, Amis, Robin & The Poetry, serta musisi yang sudah dikenal seperti Voice of Baceprot (VOB) dan Adhitia Sofyan.

Selain itu, M Bloc Design Week (MBDW) hadir dengan tema "Daur Rupa – Sustainable Design" yang mengusung prinsip desain berkelanjutan. Acara ini melibatkan lebih dari 20 kolaborator dan studio dari berbagai disiplin desain, serta menyelenggarakan pameran, lokakarya, dan temu wicara. MBDW juga diadakan serentak di beberapa kota seperti Medan, Surabaya, Yogyakarta, dan Bali, sebagai bagian dari jaringan M Bloc Group. Salah satu agenda utama MBDW adalah Design Conference yang diisi oleh arsitek dan desainer ternama.

M Bloc Experience (MBX) juga menawarkan tiga subkultur, yaitu X Fashion, X Short, dan X OpenLab, yang menjadi wadah bagi peserta inkubasi untuk memamerkan karya mereka setelah melalui mentoring intensif oleh para ahli. Selain pameran karya, MBX juga menghadirkan pembicara ternama seperti Ryan Geraldin, Anindito Wisnu, Alain Gunawan, dan Rifqi Zarkasih yang akan berbagi pengalaman dan wawasan tentang industri kreatif, menginspirasi para peserta untuk terus berkarya.

Tiket MBMF 2024 sudah mulai dijual dengan harga Rp 100.000 untuk 1 Day Pass dan Rp 200.000 untuk 3 Day Pass. Bagi para penggemar seni dan kreatif, Evoria M Bloc Fest 2024 menjadi ajang yang sayang untuk dilewatkan. Festival ini tidak hanya menampilkan hiburan semata, tetapi juga menjadi ruang untuk berjejaring dan mendukung pergerakan talenta baru yang penuh potensi.

Dengan beragam program yang ditawarkan, Evoria M Bloc Fest menjadi festival yang mampu menghadirkan pengalaman kreatif yang inspiratif bagi para pelaku seni, desainer, musisi, serta audiens yang hadir. Pastikan untuk ikut serta dalam merayakan keragaman karya dan budaya di festival ini!