KPK Ungkap Kaesang Datang Minta Arahan terkait Jet Pribadi
NewsHot

Ilustrasi Gedung KPK. (tvrijakartanews/ John Abimanyu)

Jakarta, tvrijakartanews - Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, mengatakan kedatangan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep untuk meminta arahan KPK. Hal ini berkaitan dengan penggunaan fasilitas jet pribadi yang tengah disorot publik terkait dugaan gratifikasi.

"Saudara Kaesang dan tim datang untuk, pertama sebenarnya meminta arahan dari KPK atas berita-berita sebelum ini, kan gitu ya. Ini harus ngapain lah, kira kira gitu," ujar Pahala dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Pahala mengapresiasi kedatangan Kaesang hadir atas inisiatif sendiri. Keterangan putra bungsu Presiden Joko Widodo menyikapi pemberitaan yang menimpanya.

“Nah untuk itu kami dari KPK pasti mengapresiasilah warga negara datang gitu atas berita yang menimpa dirinya gitu ya, terlepas dari dia PN (pejabat negara) nggak PN itu cerita yang lain lah, tapi dia datang minta arahan," tuturnya.

Sebelumnya, Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono mendapat banyak sorotan di media sosial, salah satunya mengenai penggunaan jet pribadi ketika melakukan perjalanan ke Amerika Serikat.

Dugaan gratifikasi itu diperbincangkan warganet, seperti di media sosial X, setelah istri Kaesang, Erina Gudono, mengunggah pemandangan dari dalam jet pribadi melalui media sosial Instagram.

Hal tersebut membuat Kaesang kemudian dilaporkan ke KPK oleh Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman dan dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubaidilah Badrun.