Jubir Ungkap Sebut Awalnya Kaesang Ingin Naik Pesawat Komersil ke AS
NewsHot

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep datangi ke Gedung KPK. (Istimewa)

Jakarta, tvrijakartanews - Juru Bicara (Jubir) Kaesang Pangarep, Francine Widjojo, mengatakan sebenarnya Kaesang rencananya akan menumpang pesawat komersil saat berangkat ke Amerika Serikat (AS) bersama istri Erina Gudono.

"Kalau terkait dengan kejadiannya, sebenarnya waktu itu Mas Kaesang itu sudah rencana berangkat ke Amerika di sekitar tanggal 20 Agustus, rencana pakai pesawat komersial," kata Francine dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Francine menambahkan akhirnya Kaesang memilih untuk menumpang jet pribadi milik temannya. Hal ini karena pesawat jet tersebut satu arah, juga hendak menuju AS.

"Kebetulan ada temannya yang juga berangkatnya searah di tanggal 18 Agustus makanya bareng lah nebeng," tuturnya.

Sebelum, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep mengatakan dirinya sebatas menumpang pada pesawat jet Gulfstream G650E itu.

"Dan tadi di dalam saya mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat yang numpang atau bahasa bekennya nebeng lah," ujar Kaesang.

Sebagai informasi, Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono mendapat banyak sorotan di media sosial, salah satunya mengenai penggunaan jet pribadi ketika melakukan perjalanan ke Amerika Serikat.

Dugaan gratifikasi itu diperbincangkan warganet, seperti di media sosial X, setelah istri Kaesang, Erina Gudono, mengunggah pemandangan dari dalam jet pribadi melalui media sosial Instagram.

Hal tersebut membuat Kaesang kemudian dilaporkan ke KPK oleh Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman dan dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubaidilah Badrun.