Kuasa Hukum Bantah Pesawat Jet yang Kaesang Gunakan ke Amerika Hanya Berisi Empat Orang
NewsHotAdvertisement

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep saat mendatangi Gedung KPK. Foto Istimewa

Jakarta, tvrijakartanews - Kuasa hukum Kaesang Pangarep, Nasrullah, membantah pemberitaan yang menyebutkan isi pesawat jet yang ditumpangi oleh kliennya menuju Amerika Serikat (AS) hanya berisi empat orang. Ia mengatakan pesawat tersebut berisi delapan orang yang di antaranya terdapat pemilik pesawat tersebut.

"Kami sudah sampaikan kemarin semua data dan informasi ke KPK. Misalkan di pesawat itu ada 8 orang penumpang. Empat orang dari pemilik pesawat; dan empat orang dari Mas kaesang. Mereka berangkat bersamaan dari Jakarta ke Amerika," kata Nasrullah dalam keterangannya, Rabu (18/9/2024).

Pernyataan Nasrullah ini untuk membantah pernyataan beberapa pihak yang menyebut Kaesang tidak nebeng saat menumpangi pesawat jet tersebut. Ia memastikan hal tersebut keliru dan meminta banyak pihak untuk tidak berspekulasi.

"Sakali lagi mohon tidak berspekulasi tanpa konfirmasi dari KPK dan kami," kata Nasrullah.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyebut jet pribadi yang digunakannya bersama sang istri, Erina Gudono adalah milik temannya. Kaesang dan Erina Gudono menjadi sorotan lantaran menggunakan jet pribadi saat ke Amerika Serikat pertengahan Agustus lalu.

Hal itu disampaikan Kaesang seusai menyambangi Gedung Anti-Corruption Learning Center Komisi Pemberantasan Korupsi (ACLC KPK), Selasa (17/9/2024).

"Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang menumpang atau bahas bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya," kata Kaesang.

Namun, Kaesang tak menjelaskan lebih jauh mengenai temannya yang memiliki pesawat jet tersebut. Kaesang meminta awak media untuk bertanya langsung kepada KPK dan kuasa hukumnya mengenai penggunaan jet pribadi tersebut.

Kaesang hanya menyebut, kehadirannya di Gedung ACLC merupakan inisiatif pribadi.

"Saya datang ke sini bukan karena undangan, bukan karena panggilan, tetapi inisiatif saya sendiri," katanya.