Setelah Pemeriksaan Jalur Selesai, Kereta Cepat Whoos Telah Kembali Beroperasi
NewsHotAdvertisement

Kondisi di Stasiun Kereta Cepat Whoosh. (Humas PT KCIC)

Jakarta, tvrijakartanews - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mulai mengoperasikan Kembali kereta Whoosh dari Halim dan Tegalluar Summarecon. Hal ini setelah pemeriksaan setelah pemeriksaan usai dilakukan, dan jalur dinyatakan dapat dilalui dengan kecepatan terbatas.

"Saat ini secara bertahap perjalanan Whoosh Sudah dapat dioperasikan dengan kecepatan terbatas yaitu maksimum 160kmh tujuannya untuk lebih memastikan keselamatan perjalanan Whoosh pasca pemeriksaan," kata General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (18/9/2024).

Eva menambahkan jalur ini dapat dilalui dengan kecepatan terbatas. Karena butuh penyesuaian dari Halim menuju Padalarang.

"Dengan penyesuaian ini perjalanan dari Halim menuju Padalarang menjadi 55 menit dan tiba di Tegalluar menjadi hingga 75 menit," ujarnya.

Selain itu, Eva menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi setelah sebelumnya beberapa jadwal Whoosh sempat dihentikan sementara akibat adanya gempa berkekuatan 5 SR di wilayah Kabupaten Bandung dan terjadi berulang hingga 8 kali gempa susulan.

"Sehingga pemeriksaan menyeluruh juga harus dilakukan untuk kondisi eksternal yakni area di luar jalur rel karena khawatir ada titik longsor atau potensi gangguan eksternal lain yang berdampak ke jalur kereta cepat Whoosh," tuturnya.

Seperti diketahui, Wilayah Bandung Raya diguncang gempabumi berkekuatan magnitudo 5.0 pada hari ini, Rabu (18/9) pukul 09.41 WIB. Gempabumi itu membuat sebagian besar masyarakat panik lantaran guncangannya dirasakan cukup kuat dalam durasi 3-5 detik.

Gempabumi yang berpusat di 7.19 LS dan 107.67 BT itu berdampak pada kerusakan sejumlah rumah warga di Pangalengan dan Kertasari, Kabupaten Bandung.