BNPB Berikan Bantunan Dana Siap Pakai Ratusan Juta Bagi Korban Gempa Bandung dan Garut
NewsHot

Kondisi rumah warga terdampak gempa bumi di Bandung dan Garut. (Humas BNPB)

Jakarta, tvrijakartanews - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan dukungan bantuan berupa Dana Siap Pakai (DSP) masing-masing senilai Rp300 juta kepada Pemerintah Kabupaten Bandung dan Rp250 juta kepada Pemerintah Kabupaten Garut sebesar Rp250 juta.

"Kami memberikan dukungan logistik dan peralatan penunjang penanganan darurat bencana berupa tenda pengungsi, tenda keluarga, paket sembako, hygiene kit, matras, selimut, terpal, velbed, light tower, makanan siap saji, pakaian dewasa dan anak, genset, alat kebersihan, air mineral, biskuit bayi dan balita, popok bayi dan pembalut Wanita," kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (19/9/2024).

Suharyanto mengatakan pihaknya ingin memastikan bahwa rangkaian upaya penanganan darurat dapat dilakukan sebaik mungkin, sesuai yang diamanatkan di dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007, tentang penanggulangan bencana.

"Kami berharap agar pemerintah daerah dapat memaksimalkan potensi yang ada demi keselamatan masyarakat sebagai hukum tertinggi penanggulangan bencana di Tanah Air," ujarnya.

Sebagai informasi, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut pada hari ini, Kamis (19/9/2024), dengan agenda meninjau lokasi terdampak gempabumi berkekuatan magnitudo 4.9 yang terjadi kemarin.

Persisnya, dua lokasi yang akan dikunjungi Kepala BNPB adalah Kantor Kecamatan Kertasari di Kabupaten Bandung dan Desa Banjarsari, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut.

Kepala BNPB bertolak dari Jakarta pada pukul 07.00 WIB dan diperkirakan tiba di Kabupaten Bandung pada pukul 10.00 WIB. Sesuai rencana, Kepala BNPB akan memimpin rapat koordinasi percepatan penanganan darurat gempabumi bersama pucuk pimpinan daerah beserta jajaran forkopimda setempat.

Selain itu, Kepala BNPB juga akan mengunjungi lokasi terdampak gempabumi di Desa Cibeureum dilanjutkan menyambangi warga pengungsi.